Ketahui 8 Tipe Kecerdasan Majemuk sebagai Penunjang Belajar An「Roulette gambling」ak

  • 时间:
  • 浏览:0

BRoulette gamblingroulette gaRoulette gaRoulette gamblingmblingmblingaca Juga: Simpel dan Nyaman: Inspirasi Dekorasi Kamar Tidur ala Drama Korea

Kecerdasan musikal memudahkan anak untuk aktif dalam hal-hal yang menyangkut suara, menyanyi, membuat lirik lagu, atau bermain alat musik.

Anak dengan kecerdasan matematika/logika memiliki kemampuan dalam memahami, mengenali pola, dan hubungan antara angka atau simbol.

Meningkatkan kecerdasan majemuk pada anak akan bermanfaat bagi tumbuh kembangnya, tentu saja jangan dipaksa bisa menguasai semua kecerdasan karena mereka terlahir dengan kecerdasan yang unik.

Howard Gardner juga menegaskan bahwa orang memiliki profil kecerdasan yang unik dan berbeda yang dibentuk oleh faktor biologis dan lingkungan.

Baca Juga: Ingin Bayi Tidur Tenang? Coba Gunakan 2 Bahan Alami Ini Pada Si Kecil

Serta, kemampuan untuk menggunakan pemahaman tentang diri sendiri itu untuk mengendalikan impuls dan perilakunya sendiri untuk membuat rencana dan keputusan.

Parapuan.co - Pernahkah Kawan Puan memperhatikan kecerdasan atau minat yang menonjol pada anak? Ini juga membedakannya dengan anak yang lain, bahkan kamu sendiri.

Musikal

Menurut teori Multiple Intelligences (MIs) Howard Gardner, setidaknya ada delapan kecerdasan manusia yang berbeda, dan semua manusia dilahirkan dengan kecerdasan dalam menunjang pembelajaran masing-masing. 

Orang tua dapat mendukungnya dengan memberikan rangkaian puzzle, belajar navigasi, atau permainan menyusun balok atau karya tiga dimensi.

Kecerdasan yang peka dengan emosi perasaan, dan ekspresi yang ditunjukkan oleh orang lain.

Matematika/Logika

Kecerdasan naturalis pada anak bisa ditingkatkan dengan rekreasi, menjelajah alam, atau membaca buku tentang kehidupan di sekitarnya.

Contohnya, ketika anak kamu berikan kursus musik dan mereka mudah dalam beradaptasi dan belajar melalui musik, baik irama maupun menciptakan lagu.

Anak dengan kecerdasan ini mampu mengekspresikan ide dan perasaan menggunakan fisik atau tubuhnya.

Kecerdasan intrapersonal adalah kesadaran akan perasaan, pikiran, kecemasan, dan sifat diri sendiri. Mereka tahu akan dirinya sendiri dengan lebih baik.

Mereka mengekspresikan diri sendiri dan berkreasi dengan melibatkan kemampuan musik seperti kepekaan terhadap ritme, nada, dan timbre.

Mereka memiliki kemampuan untuk memahami alam⁠, tanaman, hewan, dan lingkungan.

Baca Juga: Upayakan Privasi Pengguna Anak, Google dan Youtube Siapkan Aturan Baru

Mengutip Verywell Family, berikut ini perbedaan 8 tipe kecerdasan majemuk pada anak.

Serta, kecerdasan untuk mengidentifikasi, mengamati, mengkategorikan, dan memahami ciri-ciri pembeda dari lingkungannya.

Sehingga, cara yang jauh lebih baik untuk memahami individualitas tentang bagaimana anak-anak belajar adalah dengan menerapkan konsep kecerdasan majemuk atau gaya belajar.

Naturalis

Individu dengan kecerdasan interpersonal yang tinggi sering dikaitkan dengan kepemimpinan dan cenderung pandai berkomunikasi dan memahami orang lain.

Yaitu, dengan melibatkan koordinasi, ketangkasan, dan penggunaan seluruh tubuh atau bagian tubuh, misalnya tangan.

Anak-anak mengungkapkan pendapat atau pikirannya melalui bahasa verbal maupun non verbal secara jelas dan lugas dengan tatanan bahasa yang baik.

Linguistik

Jadi, setiap anak itu unik dan tidak bisa disamakan karena mereka memiliki gaya belajarnya sendiri.

Visual Spasial

Interpersonal

Kinestetik Jasmani

Baca Juga: Menimbulkan Rasa Puas yang Salah, Kapan Schadenfreude Harus Diatasi?

Nah, itulah perbedaan 8 tipe kecerdasan majemuk pada anak. Orang tua dapat mengetahuinya melalui apa yang cenderung mereka sukai dan berhasil menyelesaikannya.

Namun, di sisi lain ia lemah dalam logika matematika. Terlihat dari kesulitannya atau menunjukkan rasa yang tidak menyenangkan saat belajar matematika.

Misalnya, satu anak mungkin memiliki kecerdasan musik dan kecerdasan matematika yang lebih kuat sementara yang lain mungkin memiliki kecerdasan linguistik atau interpersonal yang lebih kuat.

Kecerdasan linguistik yang dimiliki anak memudahkan mereka dalam mengenal bahasa, termasuk bahasa asing.

Intrapersonal

Baca Juga: Tak Perlu Bingung, Lakukan 4 Hal Ini Ketika Anak Menghadapi Bullying

Pada tahun 1983, Howard Gardner, seorang psikolog perkembangan dan dan tokoh pendidikan di Harvard Graduate School of Education, membantah gagasan bahwa orang dilahirkan dengan kecerdasan tunggal yang dapat diukur, seperti dengan tes IQ, dan tidak dapat diubah.

Kecerdasan interpersonal kadang-kadang disebut sebagai kecerdasan sosial.

(*)

Mereka juga memiliki keterampilan komputasi dan memiliki kemampuan untuk memecahkan berbagai masalah melalui logika.

Orang tua bisa membantu merangsang keterampilan motorik kasar atau motorik halus anak untuk mengekspresikan diri termasuk menciptakan, mempelajari, atau memecahkan masalah.

Baca Juga: Tak Perlu Dipaksa, Ini Cara agar Anak Gemar Membaca Buku sejak Kecil

Memvisualisasikan, menciptakan, dan memanipulasi sesuatu dalam suatu ruang, seperti yang dilakukan oleh pilot pesawat, arsitek, atau pemain catur.

Kecerdasan ini membantu anak menggunakan elemen dan pola di alam untuk menciptakan produk atau memecahkan masalah.